Vitamin B : Mengenali dan mengurai manfaatnya

0 10

Vitamin B, Banyak dari sahabat mungkin belum mengetahui maupun mengenal lebih jauh tentang vitamin B, Manfaat maupun efek samping dari vitamin tersebut. Sebagian orang hanya mengenal satu jenis vitamin B, namun ternyata banyak loh jenis dari vitamin B ini. sebelum itu yuk kita pahami dulu vitamin B tersebut.

Apa itu Vitamin B?

Vitamin B adalah termasuk salah satu jenis vitamin yang larut pada air dan juga berperan penting dalam menjaga metabolistme sel pada tubuh kita.

Awalnya vitamin ini di yakini hanya memiliki satu jenis atau tipe saja yakni Vitamin layaknya pada vitamin C dan Vitamin D namun setelah diteliti lebih lanjut laporan yang dihasilkan dari komposisi Kimia didalamnya terdapat yang membedakan satu sama lain pada vitamin ini yang dapat dilihat dari pada jenis sumbernya beberapa makanan.

Vitamin B
Ilustrasi Suplemen Vitamin B

Nah jumlah jenisnya ada 8 (delapan) jenis, sedangkan suplemen atau makanan yang mengandung keseluruhan ialah 8 jenis vitamin ini disebut Vitamin B Kompleks. berikut nama jenis dari 8 vitamin B tersebut simak dibawah ini :

8 Jenis Vitamin B dan Manfaatnya

1. Vitamin B1 (Tiamin)

Berperan penting membantu memproduksi energi seluler dengan membantu prosesnya konversi glukosa dari sumber makanan menjadikan energi dan juga membantu menunjangnya fungsi sistem saraf.

Jenis makanan yang kaya akan vitamin ini adalah telur, daging sapi, roti dari biji-bijian utuh, susu, buah yang segar maupun kering dan juga jenis sayur seperti kacang polong.

Tubuh kita setiap harinya membutuhkan sebanyak 0.8 mg vitamin B1 untuk wanita sedangkan untuk pria membutuhkan 1 mg. Sangat mudah didapatkan dalam jumlah tersebut dari makanan kita sehari-hari tanpa harus mengkonsumsi suplemen.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Membantu menungjang produksi energi seluler serta membantu memperbaiki penglihatan pada mata dan membantu menjaga kesehatan kulit.

Banyak dari sebagian wanita sangat menjaga kelembutan dan kesehatan kulitnya dan pasti ada juga sebagian dari pria seperti demikian dan vitamin inilah yang sangat baik bila dibutuhkan ya sahabat. Begitu juga bagi yang ingin penglihatannya tetap sehat dan jelas.

Tubuh kita setiap harinya membutuhkan sebanyak 1.1 mg untuk wanita sedangkan untuk pria membutuhkan 1.3 mg. sahabat bisa mendapatkan jumlah ini dari makanan sehari-hari kita seperti Telur, ikan, sayur mayur, nsi dan susu.

Tetapi perlu diketahui agar tidak merusak vitamin ini dalam kandungannya sahabat harus menjauhkan dari sinar matahari secara langsung.

3. Vitamin B3 (Niasin termasuk jenis asam nikotinat dan nikotinamida)

Membantu prosesnya konversi karbohidrat, lemak, dan alkohol menjadi energi pada tubuh serta menjaga sistem pada pencernaat serta sistem syaraf. Hal itu sangat dibutuhkan oleh tubuh ya sahabat.

Tubuh kita setiap harinya membutuhkan sebanyak 13 mg untuk wanita sedangkan untuk pria membutuhkan 14 mg. Jumlah ini bisa sahabat dapatkan pada jenis makanan kacang-kacangan, ikan, telur dan daging sapi.

4. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Membantu prosesnya transport karbohidrat, protein, lemak, dan alkohol serta membantu produksi pada sel darah merah pada tubuh, jadi sahabat vitamin jenis ini sangat sekali dibutuhkan bagi yang menderita luka dan banyak mengeluarkan darah.

Untuk mendapatkan vitamin ini sangat mudah seperti daging sapi, tomat, kentang, brokoli, telur, nasi merah dan daging ayam.

5. Vitamin B6 (Asam pridoksin)

Membantu dalam prosesnya pembentukan pada sel-sel darah merah dan pembentukan senyawa-senyawa kimia pada otak. Tubuh kita setiap harinya membutuhkan sebanyak 1.2 mg untuk wanita sedangkan untuk pria membutuhkan 1.4 mg.

Jumlah ini bisa sahabat dapatkan pada jenis makanan seperti kentang, daging ayam, ikan, susu, kacang-kacangan, dan pisang.

6. Vitamin B7 yang juga dikenali sebagai vitamin H (Biotin)

Membantu dalam prosesnya metabolisme serta pada sintesis asam amino, lemak dan glikogen. Untuk mendapatkan vitamin sangat mudah sahabat bisa mengkonsumsi salmon, sereal, wortel, hati, bunga kol dan pisang.

7. Vitamin B9 yang juga dikenali sebagai vitamin M dan Vitamin B-C (Asam Folat)

Membantu prosesnya perkembangan pada sistem saraf bayi di dalam kandungan juga sangat membantu membawa oksigen ke berbagai organ pada tubuh.

Tubuh kita setiap harinya secara umum sebanyak 0.2 mg. sedangkan untuk ibu hamil maupun berencana hamil disarankan mengonsumsi makanan atau suplemen sebanyak 0.4 mg per harinya.

Tetapi bila ada dari sahabat, teman maupun anggota keluarga terkena spina bifida disarankan mengonsumsi hingga 5 mg tiap harinya.

Sumber makanan vitamin ini bisa ditemukan pada seperti brokoli, asparagus, sereal, bayam, kacang dan kacang polong.

8. Vitamin B12 (Kobalamin)

Membantu menjaga kesehatan sel-sel saraf dan juga membantu prosesnya produksi materi genetik tubuh, yaitu DNA dan RNA. Selain itu juga membantu produksi sel-sel darah merah (eritrosit) dan membantu menjaga agar ion besi pada sel darah merah bekerja lebih baik di dalam sistem pengangkutan oksigen ke seluruh organ tubuh.

Pada tubuh orang dewasa membutuhkan 1.5 mg perharinya. Sumber vitamin ini cukup mudah kita temukan pada makanan sehari-hari seperti keju, telur, daging, salmon, dan susu.

Jadi sahabat hampir setiap jenisnya memiliki fungsi yang berbeda-beda itu dapat kita lihat pada setiap penjelasannya walaupun diantaranya ada yang kurang lebih sama namun ada kelebihan masing-masing pada setiap jenis vitamin B ini.

Dari situ kita juga dapat mengetahui manfaat vitamin B dari jenisnya, meskipun bermanfaat sudah seharusnya kita mengkonsumsi sesuai yang ditentukan karena jika berlebihan mengkonsumsi vitamin B ini juga akan berdampak negatif.

Dampak pada Tubuh bila kekurangan Vitamin B

Bila tubuh kita kekurangan vitamin B ini sangat berdampak serius dan banyak di serang berbagai penyakit seperi dibawah ini :

  1. Kram pada OtotKulit menjadi kering.
  2. Mudah lelah.
  3. Mati Rasa dan mudah kesemutan pada lengan serta kaki.
  4. Rambut rontok.
  5. Anemia.
  6. Penyakit beri-beri.
  7. Nafsu makanan berkurang.
  8. Sistem kekebalan tubuh melemah.

Jika kekurangan vitamin B saat hamil selain beresiko pada kesehatan diri ini juga mempengaruhi pada bayi dalam kandungan beresiko lahir cacat dan pertumbuhannya bisa terganggu.

Baca juga : Sejarah Sepak Bola

Jadi sahabat agar sebaiknya seefisien mungkin mengonsumsi vitamin B dengan memperhatikan dosis yang telah ditetapkan dan sebaiknya bisa konsultasi pada dokter yang berpengalaman.

Jangan lupa dibagikan kepada teman, sahabat, maupun anggota keluarga agar mereka tahu apa yang sahabat ketahui. disitulah terasa indahnya berbagi.

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Hindari kata-kata yang kotor dan jadilah netizen yang cerdas. Kata-kata baik dan sopan = Rohani Baik dan Sehat.